Senin, 23 Maret 2015

SENIMAN, PENGRAJIN DAN DESAINER



SENIMAN, PERAJIN DAN DESAINER.
Seniman = orang = seni
Seni modern = kota  X Seni  Tradisi = desa
Orang kota berpendapat bahwa seniman dan pengrajin berbeda.Seniman adalah orang yang bekerja di bidang seni .Pengrajin berasal dari kata “ rajin “.Dasar perbedaan penyebutan  antara seniman dan pengrajin adalah kelas social .
Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif , atau inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan,patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik Seniman menggunakan imajinasi dan bakatnya untuk menciptakan karya dengan nilai estetik. Ahli sejarah seni dan kritikus seni mendefinisikan seniman sebagai seseorang yang menghasilkan seni dalam batas-batas yang diakui.Sedangkan Pengrajin ialah orang yang pekerjaannya membuat barang-barang kerajinan atau orang yang mempunyai keterampilan berkaitan dengan kerajinan tertentu, seperti kelompok penenun songket Palembang dapat disebut pengrajin songket dari Palembang. Barang-barang tersebut tidak dibuat dengan mesin, tetapi dengan tangan sehingga sering disebut barang kerajinan tangan.Perancang busana (bahasa inggris: Designer) adalah seseorang yang merancang sesuatu. Definisi yang terluas, kemungkinan diberikan oleh seorang psikolog bernama Hebert Simon : Everyone designs who devises courses of action aimed at changing existing situations into preferred ones, artinya: "Setiap orang mendesain untuk merencanakan serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mengubah situasi yang ada menjadi lebih baik".
Seniman ,Pengrajin dan desainer sama – sama menghasilkan sebuah karya seni,yang membedakannya adalah kelas social di masyarakat.Karena mereka sama – sama kreativ dalam membuat suatu karya.
http://id.wikipedia.org/wiki/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar