Sabtu, 30 Mei 2015

Fenomena Seni Rupa Anak



Fenomena Seni Rupa Anak – Anak
Seni merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan daya kreativitas anak. Seni sangat erat hubungannya dengan kreativitas. Namun kemudian untuk mengembangkan kreativitas anak, haruslah mereka diberi kebebasan dalam menggunakan beragam media seni. Beaty (1996: 180) menyatakan bahwa “the key to setting up an environment that promotes creativity is freedom”. Menurut Moeslichatoen (2004: 40), “salah satu cara yang banyak dilakukan anak untuk menyalurkan dorongan kreatifnya yang menggebu-gebu adalah dengan menggambar”.

Pengembangan kreativitas bertujuan memberi kreaktivitas seni pada anak bukan melihat pada hasil akhir, namun lebih kepada membantu anak untuk terlibat dalam proses. Kreativitas anak adalah kreativitas alamiah yang dibawa dari sejak lahir dan merupakan kemampuan untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran yang asli, tidak biasa, dan sangat fleksibel dalam merespon dan mengembangkan pemikiran dan aktivitas. Kreativitas alami seorang anak. Seni untuk anak – anak sebagai alat ekspresi dan sebagai alat komunikasi. Kreativitas anak dapat dikembangkan dengan cara bermain untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak. Menurut, Sumanto ( 2005 : 11 ) " kreativitas seni rupa adalah kemampuan menemukan , menciptakan, membuat, merancang ulang dan memadukan sesuatu gagasan baru maupun lama menjadi kombinasi baru yang divisualisasikan ke dalam komposisi suatu karya seni rupa dengan kemampuan terampil yang dimilikinya ".
contoh gambar anak - anak

 
               Banyak juga pelukis yang menggunakan gaya lukisan anak - anak.Seperti menggunakan warna - warna yang cerah yang disukai anak - anak.Bentuk tidak proporsi dan cenderung dekoratif. Berbeda dengan memahami karya anak - anak, karena karya anak - anak tidak disengaja di buat naif atu kekanak - kanakan, tetapi mereka menggambar sesuai dengan dunianya, yaitu dunia anak - anak.

ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/download/2387/pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar