Minggu, 23 Oktober 2016

PROFESI KEPENDIDIKAN "GURU (BELUM) PROFESIONAL

Guru (Belum) Profesional
Guru professional mennurut para ahli adalah semua orang yang mempunyai kewenangan serta bertanggung jawab tentang pendidikan anak didiknya, baik secara individual atau klasikal, disekolah atau diluar sekolah. Guru merupakan factor penting dalam membentuk sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Guru mempunyai wewenang dan mendidik seorang murid, guru adalah orang tua di sekolah. Berikut cirri – cirri guru professional :
1.      Memberi perhatian dan mendengar baik siswanya
2.      Memiliki tujuan yang jelas
3.      Mempunyai keterampilan untuk mendidik murid
4.      Mempunyai keterampilan manajemen dalam kelas
5.      Bisa berkomunikasi baik dengan orang tua murid
6.      Mempunyai ekspetasi yang tinggi pada muridnya
7.      Mempunyai pengetahuan perihal kurikulum
8.      Mempunyai pengetahuan tentang subjek yang diajarkan
9.      Memberikan yang terbaik bagi siswanya dalam proses belajar
Namun sayangnya masih banyak guru yang “belum” professional. Masih bnyak guru yang belum memenuhi standar sebagai guru professional. Meski telah diberikan ancaman dan tindak lanjut bagi guru – guru yang tidak professional, masih saja banyak yang tetap melanggar aturan tersebut. Jika anaman ataupun tindak lanjut bagi guru yang dikatakan belum professional, lebih baiknya diberikan penghargaan atau reward bagi guru yang baik atau professional agar memacu guru yang lain untuk menjadi lebih baik.

Ada dua jabatan yang ada dalam organisasi yaitu jabatan structural dan jabatan fungsional. Jabatan structural yaitu jabatan yang secara tegas ada dalam struktur organisasi, kedudukan jabatan structural bertingkat – tingkat dari tingkat yang terendah yaitu Eselon IVb hingga tertinggi dari level Eselon Ia. Sedangkan jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian/dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar