Kamis, 22 Desember 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK "MODEL PEMBELAJARAN M3"

Model Pembelajaran M3 (Melipat, Menggunting, Merekat)
3M (Melipat, Menggunting, Merekat), merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang bertumpu pada penngembangan sensor motorik anak. Kegiatan ini dilakukan untuk anak Usia Dini (PAUD). Media yang digunakan adalah media sederhana seperti kertas, karton, dus dan sebagainya. Bahan – bahan yang mudah didapat dalam lingkungan sekitar anak – anak, bis juga menggunakan media kain.
            Pada kegiatan menggunting dan merekat, anak dituntut membuat sebuar karya. Anak disuruh menggunting beberapa kertas dan merekatnya pada bidang tertentu, untuk membentuk suatu gambar tertentu. Untuk kegiatan melipat contohnya yaitu membuat origami burung, gajah, anjing, rumah, bunga dan sebagainya. Semakin banyak gerakan motorik halus anak seperti : melipat kertas, menggunting kertas, mewarnai, menyatukan dua lembar kertas, dan menganyam kertas.
Kegiatan menggunting dibagi menjadi dua yaitu menggunting secara langsung dan secara tidak langsung. Cara langsung yaitu mengguntig lembaran kertas dengan alat gunting sesuai bentuk yang dibuat. Secara tidak langsung yaitu menggunting dengan melalui tahapan melipat terlebih dahulu pada lembaran kertas, baru dilakukan pengguntingan sesuai bentuk yang dibuat.
Sumber :


reposity.upi.edu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar