Minggu, 13 November 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK "KECERDASAN"

Kecerdasan
Kecerdasan adalah suatu kemampuan yng dianugerahkan Tuhan untuk kita. Setiap orang memiliki kecerdasan masing masing – masing. Kecerdasan memiliki beberapa jenis yaitu kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ). Kebanyakan manusia cenderung menggunakan fungsi otak kiri untuk melakukan aktifitas sehari – hari. Otak kanan menggerakan segala bagian tubuh kiri, sedangkan otak kiri menggerakan segala bgian tubuh sebelah kanan. Manusia dituntut untuk terus berpikir, ada dua jenis tentang berpikir manusia yaitu berpikir Divergen dan berpikir Konvergen. Berpikir Divergen adalah proses berpikir yang berorientasi pada penemuan jawaban atau alternative yang banyak. Sedangkan berpikir Konvergen adalah suatu jawaban yang baik dan benar sebagaimana yang dituntut oleh soal – soal ujian pada umumnya.
Otak kiri menguasai beberapa hal seperti:
1.      Bahasa
2.      Formula matematika
3.      Logika
4.      Nomor, urutan
5.      Linear
6.      Analitis
Otak kanan menguasai beberapa hal seperti:
1.      Bentuk dan pola
2.      Ruang dimensi
3.      Irama dan apresiasi music
4.      Imagi/ gambar
5.      Khayalan
Otak tengah menguasai hal seperti:
1.      Pusat relay visual
2.      Memberikan informasi sistem motorik
3.      Mengatur suhu tubuh
4.      Siklus tidur
5.      Pengaruh terhadap gairah
6.      Mengatur pendengaran
Kecerdasan majemuk bertujuan untuk mentransformasikan sekolah agar kelak sekolah dapat mengakomodasi setiap siswa dengan berbagai macam pola pikirnya yang unik.Menurut Gardner, kecerdasan seseorang meliputi  delapan unsure yaitu sebagai berikut :
1.      Kecerdasan matematika – logika Kemampuan seseorang dalam berpikir secara induktif dan deduktif, berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka – angka, serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir.
2.      Kecerdasan Bahasa, Kemampuan seseorang untuk menggunakan bahsa dan kata – kata, baiksecara tertulis maupun lisan, dalam berbagai bentuk yang berbeda untuk mengekspresikan gagasan – gagasannya.
3.      Kecerdasan Musikal, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap suara – suara non verbal yang berada di sekeliingny, termasuk dalam hal ini adalah nada dan irama.
4.      Kecerdasan Visual – Spasial, Kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang.
5.      Kecerdasan Kinestetik, Kemampuan seseorang untuk secara aktif menggunakan bagian – bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memcahkan masalah.
6.      Kecerdasan Interpersonal, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan orang lain.
7.      Kecerdasan Intrapersonal, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan dirinya sendiri.
8.      Kecerdasan Naturalis, Kemampuan seseorang untuk peka terhadap lingkungan alam.


Sumber :belajarpsikologi. Com
                https://iptekbahari.blogspot. Com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar