Minggu, 13 November 2016

PROFESI KEPENDIDIKAN "PLPG"

PLPG
PLPG (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru). PLPG( Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru) adalah sebuah media yang diberikan pemerintah kepada para guru untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme saat membimbing siswa – siswinya. Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi pesert didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan ormal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Guru dalam jabatan yang telah memnuhi persyaratan dapat mengikuti setifikasi melalui :
1.      Pemberian Sertifikasi Pendidikan Secara Langsung (PSPL)
2.      Portofolio (PF)
3.      Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)
4.      Pendidikan Profesi Guru (PPG)

PLPG merupakan pola sertifikasi dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh Rayon LPTK untuk memfasilitasi terpenuhnya standar kompetensi guru peserta sertifikasi. PLPG menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dengan meminimalkan ceramah. Perkuliahan dilaksanakan untukpenguatan materi bidang studi, model – model pembelajaran, dan karya ilmiah. Workshop dilaksanakan untuk mengembangkan dan mengemas perangkat pembelajaran serta menulis karya ilmiah. Pda khir PLPG dilaksanakan uni kompetensi. Materi yang diberikan di PLPG sekarang yaitu peraturan – peraturan tentang jabatan, Teori Belajar, Pengenalan Peserta Didik, dan Evaluasi.
Seorang guru harus memiliki I ovasi untuk pembelajaran. Inovasi memiliki arti pembaharuan sedangkan pembelajaran memiliki arti sebuah kegiatan penyampaian ilmu pengetahuan dari seorang tenaga pendidik kepada para peserta didik. Berarti Inovasi Pembelajaran adalah upaya pembaharuan terhadap berbagai komponen yang diperlukan dalam penyampaian materi pelajaran berupa ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada para peserta didik dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berlangsung. Yang perlu mendapat perhatian khusus dalam inovasi pembelajaran yaitu :
1.      Model pembelajaran, sebuah kesatuan atau sisitematika berlangsungnya sebuah kegiatan pembelajaran
2.      Strategi Pembelajaran, sebuah cara atau metode yang digunakan oleh tenaga pendidik dalammenyampaiakan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya.
3.      Media pembelajaran, alat atau perangkat bagi seseorang tenaga pendidik dalam menyampaiakan materi pembelajaran bagi peserta didik.
Contoh inovasi baru yaitu tentang batik fractal. Fractal sendiri adalah pola sangat komplek yang serupa diri di skala yang berbeda. Batik di Indonesia sangatlah banyak dan beragam, juga memiliki makna sendiri – sendiri. Dalam rangka memperingati hari Batik nasionaldi tahun 2015, Sobat Budaya bersama Bandung Fe Institute meluncurkan  aplikasi “Map Of Batik”, sebagai hasil riset dan inovasi atas upaya pengumpulan data batik yang dilakukan sejak tahun 2005. “Map Of Batik” dibuat untuk tujuan melihat evolusi dan perkembangan batik di Indonesia, menjadi alat identifikasi asal usul batik, serta untuk alat edukasi kepada masyarakat.
Sumber :www.m-edukasi.web.id
              www.informasi-pendidikan. Com
              www.isigood. com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar