Minggu, 13 November 2016

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK "MASA REMAJA"

Masa Remaja
          Remaja berasal dari kata latin Adolensence yang berarti tumbuh menjadi dewasa. Pada masa remaja perkembangan fidik dan psikis belum seimbang. Remaja akan sering mengalami perasaan gamang, galau dan tak nyaman. Pada masa ini remaja sering melakukan hal – hal yang berlebihan, mulai dari hal yang positif maupun hal yang negative. Namun pada jaman modern ini lebih banyak hal negative yang dilakukan pada masa remaja. Pergaulan remaja yang sehat dianntaranya adalah adanya kesadaran beragama bagi remaja, memiliki rasa setia kawan, memilih teman, mengisi waktu dengan kegiatan positif. Sedangkan pergaulan yang tidak sehat diaantaranya adalah geng motor, tawuran, narkoba, seks bebas dan masih banyak lagi. Dua hal yang berpengaruh terhadap perkembangan remaja yaitu:
1.      Hereditas
Hereditas adalah pewarisan watak dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen (DNA) atau secara sosial melalui pewarisan gelar, atau status sosial. Hereditas merupakan proses penurunan sifat – sifat atau cirri – cirri dari satu generasi ke generasi lain dengab perantara plasma benih. Ada beberapa warisan yang dibawa oleh anak dari orang tuanya diantarannya,
a.       Bentuk tubuh dan warna kulit
b.      Sifat – sifat
c.       Intelegensi
d.      Bakat
e.       Cacat tubuh atau penyakit
2.      Lingkungan
Merupakan sesuatu yang berada diluar anak dan mempengaruhi perkembangannya yang mana bisa bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosial- cultural. Ada tiga lingkungan yang akan dilalui anak dianntaranya lingkunagn keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
a.       Lingkungan Keluarga
Keluarga merupakan lingkungan utama dan pertama sebagai pengembangan watak bagi anak dalam mengikuti pekembangan pendidikan selanjutnya. Menurut Ki Hajar Dewantara, suasana kehidupan keluarga merupakan tempat yang sebaik – baiknya untuk melakuakn pendidikan, baik pendidikan individual maupun pendidikan sosial. Setiap anggota keluarga memiliki peran tertentu sesuai kedudukannya. Ada beberapa dasar tanggung jawab keluarga yang perlu diperhatikan, diantarannya :
·         Dorongan atau motivasi cinta kasih yang menjiwai hubungan anak dan orang tua.
·         Dorongan atau motivasi kewajiban moral
·         Tanggung jawab sosial
·         Membahagiakan anak
·         Memelihara dan membesarkan anak

b.      Lingkungan Sekolah
Sekolah adalah pendidikan yang mempunyai dasar, tujuan isi, metode, alat – alatnya, disusun secara eksplisit, sisitematis dan distandarisasikan. Setelah anak tumbuh dewasa, dunia semakin luas. Sekarang bukan hanya lingkungan keluarga yang memepengaruhinya melainkan juga lingkungan sekolah. Sekolah merupakan lembaga pendiidkan yang sengaja didirikan khusus untuk tempat pendidikan, maka sekolah merupakan lembaga pendidikan setelah keluarga, dimana guru sebagai pendidiknya.

c.       Lingkungan Masyarakat
Masyarakat merupakan kumpulan dari beberapa keluarga yang antara satudan lainnya terikat oleh tata nilai aturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Dimana lingkungan sebagai tempat pengaplikasian pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman yang diperoleh dari pendidikan keluarga dan sekolah.

WHO (1974)
            Remaja individu berkembang dari saat pertama kali ia menunjukkan tanda – tanda seksual sekundernya sampai saat dia mencapai kematangan seksual. Individu yang mengalami perkembangan psikologis dan pola identifikasi dari masa kanak – kanak ke masa dewasa. Terjadi peralihan dari ketergantungan sosial ekonomi yang penuh kepaada keadaan yang relative lebih mandiri.
              Cirri – cirri remaja menurut Erikson, mengatakan identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya. Sedangakan menurut Gunarsa (1989), remaja memiliki beberapa cirri – cirri sebagai berikut yaitu 1) canggung dalam pergaulan, 2) emosi tidak stabil, 3) ada perasaan kosong, 4) ada sikap menentang orang tua, 5) adamya pertentangan di dalam dirinya.
Sumber :dream4li.blogspot. com
Makalah19.blogspot. com                                                               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar