Minggu, 13 November 2016

TELAAH KURIKULUM"SILABUS"

SILABUS
 Perubahan Silabus SD sampai SMA dari 1988 - 2013

1988
Tujuan Nasional
Tujuan intruksional umum
Tujuan intruksional khusus

2006
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Instruksional khusus

2013
Kompetensi inti
Kompetensi dasar
Indicator pencapaian kompetensi

Silabus untuk perguruan tinggi :
Capaian pembelajaran mata kuliah
a.       Cp sikap
b.      Cp pengetahuan
c.       Cp keterampilan umum
d.      Cp keterampilan khusus

Pengertian Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Untuk mengembangkan silabus, guru harus memahami prinsip – prinsip dalam mengembangkan silabus, diantarannya adalah :
1.      Ilmiah
Materi dan kegiatan pada silabus harus jlas dan dapat dipertanggungjawabkan.
2.      Relevan
Akupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan ujian materi harus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosil, emosional, dan spiritual peserta didik.
3.      Sistematis
Saling berhubungan secara fungsional untuk mencapai kompetensi.
4.      Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indicator, materi pokok/pembelajaran,pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
5.      Memadai
kompetensi dasar, indicator, materi pokok/pembelajaran,pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup  untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
6.      Actual dan konstektual
kompetensi dasar, indicator, materi pokok/pembelajaran,pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi  dan sni muktahir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi
7.      Fleksibel
Seluruh komponen silabus dapat mengakomodasi seluruh peserta didik serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah maupun dimasyarakat.
8.      Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor)

Unit Waktu Silabus
1.      Disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan
2.      Penyusunan memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester.
3.      Implementasi pembelajaran per semester menggunakan silabus sesuai dengan kurikulum.
Pengembangan Silabus
Pengembangan silabus dapat dilakukan secara mandiri atau berkelompok.
1.      Disusun secara mandiri, apabila guru telah mampu mengenal karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
2.      Berkelompok dengan guru mata pelajaran yang sama untuk mengembangkan silabus
3.      Sekolah yang belum mampu mengembangangkan silabus dapat bergabung denagn sekolah lain melalui forum MGMP/PKG.
4.      Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru yang telah berpengalaman di bidangnya masing – masing.
Beberapa komponen – komponen yang terdapat dalam Silabus :
a.       Standar Kompetensi Mata Pelajaran, batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran.
b.      Kompetensi Dasar, kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa
c.       Hasil Belajar, kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar.
d.      Indikator Hasil Belajar, cirri atau penanda ketercapaian kompetensi dasar
e.       Materi Pokok, pokok – pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan akan dinilai menggunakan instrument pnilaian yang disusun berdasarkan indicator pencapaian belajar.
f.       Kegiatan Pembelajaran, bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
g.      Alokasi Waktu, waktu yang diperlukan untuk menguasai masing – masing kompetensi dasar.
h.      Adanya Penilaian, jenis, bentuk, dan instrument yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur keberhasilan belajar siswa

i.        Sarana dan Sumber Belajar, sarana dan sumber belajar yang diguanakan dalam proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar